Minggu, 03 Desember 2017

^1 di Balik 'Kilatan Memori'

          Gemana nih cerpen “ Kilatan Memori” yang aku upkamuad sebelumnya?

          Honestly, itu cerpen aku waktu kelas X. Waktu tugas Bahasa Indonesia. Yang kelas X pasti tau dong ya, ‘Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi’. Nah, itu adalah cerita  waktu SMP. Kalau di Sumbar sistem masuk SMA favorit kan pakai tes ya, dan aku dapet SMA yang ga terlalu aku pengen.

          Sedikit cerita ya,cuy.
          “Penyesalan selalu dateng terakhir, kalau di awal namanya pendaftaran”
        Ini emang quote retjeh ya, tapi bener L. Aku se-menyesal itu cuy. Seandainya aku dulu lebih peduli,semangat, dan RAJIN. Pasti aku bisa dapet yang lebih baik ya. Pas lagi sedih-sedihnya aku sampai pernah kek marah gitu ke Tuhan, sampe mikir ‘Kenapa Tuhan se-jahat ini ke aku?’. Astaghfirullah. Lihat muka orangtua yang kecewa itu buat aku merasa menjadi anak yang ga tau malu. Udah nyusahin, ga bisa banggain lagi.
          Singkat cerita, aku dapet info nih tentang SMA aku. Aku udah mikir udahlah terserah. Ternyata aku lulus dengan peringkat yang aku sendiri aja ga nyangka. Aku ada diurutan teratas,cuy!. Gokil ga tuh? Padahal pas ujian aku udah ogah-ogahan.
          Oke Alfi, kamu dapetnya di sini. Jalanin aja.
          FYI, SMA aku itu pake sistem boarding school,alias sekolah berbasis asrama. Jadi, mau gamau semua siswanya harus tinggal di Asrama selama 3 tahunmasa pendidikan. Aku sih seneng, karena aku emang nyari sekolah yang ada Asrama. Biar lebih tobat gitu ceritanya eheh.
        Setelah aku jalanin, aku bersyukur banget bisa masuk SMA ini. Emang ya rencana Allah itu yang paling indah, ga peduli seberapa rapi kamu buat rencana kalau kata Allah ‘GAK’ ya berarti itu bukan yang terbaik buat kamu. Jalani aja, pasti ada hikmah yang lebih baik.
          Jadi apasih pelajaran yang bisa diambil dari cerpen “Kilatan Memori” ?

1. Aku dapet pelajaran buat pentingnya rajin sebagai pelajar. RAJIN ITU PENTING,cuy! Gini nih aku punya temen waktu SMP, dia waktu kelas 7 itu rank 19, trus karena dia super duper rajin. Dia jadi juara umum pas semester 5, dapet SMA yang aku pengen, juga sekarang kuliah juga di jurusan yang aku pengen, di kampus di mana doi kuliah. Ah udahlah. Aku masih selalu aja nyesel kalau inget betapa malasnya aku saat itu.

2. Kalau kamu pelajar Indonesia penting banget kalau nilai di rapor kamu itu harus punya grafik naik, ga ngaruh walaupun rangking kamu turun. Karena nanti kalau kamu ngelanjutin ke jenjang berikutnya itu yang diliat grafik nilai. Aku sampai detik ini pun masih inget betapa judesnya guru yang mewancarai aku waktu tes waktu itu. huft—


          


0 komentar:

Posting Komentar